softskill

navigasi

Kamis, 17 Oktober 2013

TUGAS 2, WAWANCARA USAHA KECIL ,MATA KULIAH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI



MATA KULIAH    : SISTEM INFORMASI AKUNTANSI 
NAMA                    : HERMANSYAH
KELAS                   : 3DB11
NPM                       : 33111347

 HASIL WAWANCARA DENGAN MEDIA KORAN WARTA MERDEKA
             
                 Pada kesempatan ini saya melakukan wawancara terhadap sebuah usaha media koran , dalam wawancara tersebut saya memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh usaha media koran tersebut, berikut adalah hasil wawancara saya terhadapa usaha media koran tersebut:

*Selamat pagi Pak , saya ingin melakukan wawancara tentang usaha yang bapak keluti , pak apa nama koran yang anda buat ?
 Jawab : iya selamat pagi, oh boleh, nama koran yang saya buat adalah koran dengan nama yang sangat berani  yaitu Warta Merdeka , nama ini saya ambil karena kata merdeka ini yang artinya bebas dari suatu penjajahan atau paksaan , sehingga kita dengan koran Warta Merdeka ini kami berharap masyarakat dapat membacanya dan lebih memahami informasi-informasi seputar politik diindonesia, ragam , dan sosok yang dijadikan panutan dalam diri kita .

* Lalu apa slogan usaha media koran Warta Merdeka anda  pak?
Jawab : slogan yang selalu kami cantumkan diatas pojok  kanan koran yang kami cetak adalah Berpikir Merdeka Bersuara Merdeka .

* Berapa modal pertama Bapak dalam membangun usaha media koran tersebut?
Jawab : modal yang saya keluarkan sekitar puluhan juta , namun saya tidak bisa memastikan , karena masih ada biaya – biaya kecil lainnya.

* Bagaimana sistem usaha media koran anda Pak?
Jawab: sistem usaha saya ya seperti kebanyakan orang lainya dalam membuka usaha , harus pintar-pintar memanage keuangan dalam usah kita, selalu mengontrol karyawan-karyawan yang bekerja, membuat pembukuan pengeluaran dan pemasukan dalam usaha kita , agar kita dapat mengetahui usaha kita untung atau rugi , imbuhnya.

* Apakah koran bapak di cetak setiap hari atau per minggu pak?
Jawab : kebetulan koran yang cetak dalam usaha saya adalah edisi perminggu , seperti majalah namun bedanya ini koran saja.

* Lalu bagaimana Sistem pemasaran anda pak  agar dapat di ketahui oleh orang banyak ?
Jawab : sistem yang saya lakukan adalah pada edisi pertama kami , kami hanya melakukakan promosi gratis yang kami sebarkan di sekitar daerah –daerah tertentu, yang paling jauh kami promosikan  adalah daerah kalimantan , kami menyebarkan koran didaerah sana sampai kantor – kantor instansi pun kami sebarkan, tujuannya ya agar dapat di kenal oleh masyarakat luas.

*Kendala apa yang anda hadapi dalam menjalankan usaha pertama anda Pak ?
Jawab : kendala ya pastinya ada , tidak mungkin dalam menjalankan sebuah usaha tidak mengalami kendala , kendala yang saya hadapi waktu itu adalah kesalah cetak cover korannya, apa yang saya mau masih belum sesuai dengan keinginan saya, terjadinya miss komunikasi dengan bagian pencari berita, terjadi banyak kesalahan dalam penulisan  koran, dan masih banyak lagi, namun saya belajar dari kesalahan-kesalah tersebut.

*Apakah anda menerapkan prinsip SIA atau sistem informasi akuntansi dalam usaha anda ?
Jawab : oh pastinya karena dengan begitu kita dapat memperoleh informasi akuntansi keuangan usaha saya , sehingga saya tahu informasi keuangan kami.

* Dan bagaimana usaha anda sekarang pak ?
Jawab :  ya saya bersyukur sampai hari ini usaha saya berjalan dengan lancar, mudah-mudahan usaha media koran saya dapat terkenal seperti koran-koran lainnya.
      
               Berikut hasil wawancara yang saya tanyakan kepada pengusaha media koran tersebut, mudah-mudahan dari hasil wawancara tersebut dapat memotivasi diri kita untuk menjadi pengusaha, walau tidak besar yang penting dapat menghasilkan, dan satu lagi jangan mudah menyerah atau pantang menyerah dalam menghadapi risiko-risiko dan kendala-kendala  tersebut.                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar