softskill

navigasi

Jumat, 11 November 2011

TULISAN , TIGA TIPS MENJADI ORANG YANG PRODUKTIF

*TIGA TIPS MENJADI ORANG YANG PRODUKTIF*
- Menurut pandangan saya untuk menjadi orang yang produktif kita harus memenuhi beberapa kriteria berikut , namun sebelum kita membahas ke – 3 hal tersebut , kita harus mempelajari dulu manajemen waktu , karena manajemen waktu sangat susah untuk di laksanakan , akibat dari itu kita sering terlambat melakukan sesuatu, salah satu contohnya saya pernah beberapa kali terlambat ke kampus , tapi karena saya mempunyai kemauan untuk mengatur manjemen waktu saya , alhasil sekarang saya jarang terlambat lagi . dan berikut 3 tips untuk menjadi orang yang produktif :

1. Menyusun Rencana ( planning)

Ada ungkapan yang mengatakan ”If you fail to plan, you plan to fail”. Apabila Anda menjalani hari Anda tanpa ada gambaran apa yang harus dikerjakan dan bagaimana cara mengerjakannya, Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda.
Dalam kehidupan kita tentu kita harus membuat perencanaan itu merupakan unsur penting dalam memanage waktu, fungsi dari perencanaan ini juga sebagai pengatur manajemen waktu kita agar mendapatkan produktivitas yang tinggi. Mempunyai jadwal kegiatan harian akan sangat membantu kita untuk memanajemen waktu yang kita miliki setiap hari, namun tidak semua orang mau membuatnya secara detil. Karena ada juga orang yang hidupnya apapun dilakukan secara sederhana atau simple.Untuk kita harus belajar disiplin waktu mulai dari  sekarang .

2. Fokus dalam melakukan kegiatan apapun

Seringkali dalam bekerja kita membiarkan diri kita larut dalam beberapa pekerjaan sekaligus, istilahnya multi-tasking. Mungkin Anda mencoba menyenangkan boss Anda dengan mengiyakan semua permintaannya, tapi tanpa Anda sadari sebenarnya Anda justru membebani diri Anda dengan stress dan belum tentu juga apa yang Anda kerjaan akan berkualitas bagus.

Mengerjakan dua hal pada saat bersamaan bukan saja membagi perhatian Anda tetapi juga membuat Anda kurang fokus yang akibatnya butuh waktu lebih lama untuk menyelesaikan pekerjaan itu. Fokus dalam bekerja membuat kita lebih produktif dan mengurangi beban stress. Buat skala prioritas apabila Anda harus menyelesaikan beberapa pekerjaan dalam kurun waktu yang bersamaan. Jadi intinya kita harus fokus dalam pekerjaan apapun , dan jangan pernah menganggap sepele  kegiatan apapun, karena itu yang membuat kita jadi tidak fokus. 

 3.  Jangan menunda pekerjaan
Penundaan kerja pada umumnya merupakan kebiasaan yang sudah turun menurun. Jangan anda keseringan menunda pekerjaan itu penyebab utama produktivitas kita menurun dan menyebabkan kita menjadi pemalas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar