* Prinsip & Keahlian Manajemen *
Prinsip-prinsip dalam manajemen bersifat fleksibel dalam arti bahwa dalam melakukan sesuatu dipertimbangkan sesuai dengan kondisi-kondisi khusus dan situasi-situasi yang berubah. seorang pencetus teori manajemen yang berasal dari Perancis, prinsip-prinsip umum manajemen ini terdiri dari:
1. Pembagian kerja (Division of work)
2.Wewenang dan tanggung jawab (Authority and responsibility)
3.Disiplin (Discipline)
4.Kesatuan perintah (Unity of command)
5.Kesatuan pengarahan (Unity of direction)
6.Mengutamakan kepentingan organisasi di atas kepentingan sendiri
7.Penggajian pegawai
8.Pemusatan (Centralization)
9.Hirarki (tingkatan)
10.Ketertiban (Order)
11.Keadilam dan kejujuran
12.Stabilitas kondisi karyawan
13.Prakarsa (Inisiative)
14.Semangat kesatuan , semangat korps
Keahlian Manajemen
Tugas seorang manajer terbilang kompleks dan multidimensi, dan membutuhkan sejumlah keahlian. Keahlian yang diperlukan untuk mengelola sebuah departemen atau sebuah organisasi dapat diringkas dalam tiga kategori, yaitu
- Keahlian konseptual (conceptual skill) merupakan kog –nitif untuk melihat organisasi secara keseluruhan dan keterkaitan diantara bagia –bagiannya. Keahlian konseptual melibatkan pemikiran manajer, pengolahan informasi, dan kemampuan perencanaan.
- Keahlian manusia (human skill) adalah kemampuan manajer untuk bekerja dengan dan melalui orang lain, serta secara efektif sebagai anggota kelompok. Keahlian ini diperlihatkan dengan cara seorang manajer ber –hubungan dengan orang lain, termasuk kemmapuan untuk memotivasi, memfasilitasi, mengordinasi, memimpin, berkomunikasi, dan menyelesaikan konflik.
- Keahlian teknis (technical skill) merupakan pemahan dan kefasihan dalam melakukan tugas tertentu. Keahlian teknis mencangkup penguasaan metode, teknik, dan peralatan yang digunakan di dalam fungsi tertentu, seperti rekayasa, manufuktur, atau keuangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar